Give and Seek : Aku lan Kowe ing Manunggaling

(9-10/2/2019) Akhir pekan kemarin menjadi salah satu quality time bagi santri SMP IT dan SMA IT Ihsanul Fikri. Acara yang bertajuk Give and Seek : Aku lan Kowe ing Manunggaling ini menjadi ajang merajut dan mempererat ukhuwah bagi mereka yang sehari-harinya sering bertemu namun jarang bertegur sapa karena perbedaan jadwal dan agenda harian.

Kegiatan Give and Seek sendiri merupakan acara tahunan yang digawangi oleh kolaborasi OSIS SMP IT dan SMA IT Ihsanul Fikri. Acara yang diikuti oleh kelas 7, 8, 10, dan 11 ini berlangsung dari Sabtu, 9 Februari ba’da Ashar hingga keesokan harinya. 16 kelompok besar yang beranggotakan santri SMP dan SMA siap untuk bersaing pada permainan ukhuwah dan pengambilan kado. Untuk kelas 9 dan kelas 12 sendiri berhalangan mengikuti Give and Seek karena sibuk menyiapkan segala persiapan ujian kelulusan di tahun terakhir mereka.

Permainan ukhuwah : Berdua bersamamu 🙂

Pada kepulangan akhir tahun kemarin, santri diminta membawa kado terbaik yang dibungkus koran untuk dibawa saat mereka kembali ke Ihsanul Fikri. Agenda ini lalu dimulai dengan permainan ukhuwah yang terdiri dari 3 macam permainan. Yaitu Berpisah itu Mudah (permainan ular naga dengan memecahkan balon lawan), Zona Nyaman (permainan estafet baju), dan Berdua Bersamamu (permainan futsal dengan syarat memakai sarung untuk dua pemain). Permainan ukhuwah berakhir menjelang adzan Maghrib.

Suasana nobar di Masjid Mujahidat 1

Puncak kegiatan yaitu pengambilan kado dan nobar dilaksanakan ba’da Isya. Nobar yang bertempat di Masjid Mujahidat 1 menjadi selingan di samping pengambilan kado yang bertempat di GOR H. Asy’ari. Setiap kelompok dipanggil bergiliran untuk mengambil kado dengan melewati beberapa pos sebelumnya. Kegiatan malam hari ini sebenarnya mirip dengan jurit malam, namun lebih asyik dan menantang karena di akhir sesi peserta dapat mengambil kado di tengah kegelapan.

Penyebaran kado di area GOR H. Asy’ari

Keesokan harinya, santri kembali berkumpul di lapangan basket untuk melakukan senam pagi dan sarapan bersama. Pembagian hadiah bagi kelompok terkompak, terantusias, dan terheboh menjadi sesi terakhir sebelum acara penutupan.

Berikut adalah komentar dari beberapa peserta Give and Seek dari SMP dan SMA.

“Seru! Karena bisa merekatkan ukhuwah antara SMP SMA.” ujar Naila salah satu peserta dari kelas 10 IPS 3.

Pendapat dari adik kelas 7 Akhwat 1, Salsa, lain lagi, “Seru kak. Tapi aku nggak takut waktu ngambil kado. Pengennya sih ambil banyak kado, tapi dicegat sama hantu (panitia-red)”

Seneng  dong mbak. Soalnya jadi banyak kenalan sama mbak-mbaknya.” tambah Fatonah dari kelas 7 Akhwat 4.

Semoga Give and Seek tahun ini menjadi langkah awal eratnya ukhuwah para santri Ihsanul Fikri. Selain itu, acara ini tentu menjadi alternatif kami dengan terus melakukan kegiatan positif.

Ingat selalu jika kita tidak menyibukkan diri pada hal positif, maka kita akan disibukkan dengan hal negatif.

Aku lan kowe ing manunggaling, sampai jumpa di Give and Seek tahun depan! 🙂

(Zah/Ed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *