Safari Alquran

(1-3/4/2019) Memasuki awal bulan April dimana kelas 12 menjalani UNBK, SMA IT Ihsanul Fikri menyelenggarakan program Safari Alquran bagi kelas 10 dan 11 akhwat. Program ini melibatkan sebanyak 6 masjid dan musala di Desa Pabelan dan sekitarnya.

Program ini selain untuk mengisi waktu dengan kegiatan positif dan meningkatkan kecintaan santri kepada Alquran juga sebagai fasilitas untuk memenuhi target tilawah dan hafalan bagi santri. “Alhamdulillah sambutan baik dari takmir masjid dan musala kami terima,” ujar Ustadzah Risma Handayani selaku ketua panitia.

Dalam kegiatan Safari Alquran ini dibagi kelompok-kelompok yang terdiri dari kurang lebih 15 orang untuk satu ustadzah dan menempati masjid dan musala yang telah ditentukan. masjid dan musala yang ditempati sendiri terdiri dari Masjid Al-Muttaqin, Masjid Daarussalam Selak, Musala Sirojul Muniir Selak, Musala As-Sholihin, Masjid Kyai Kertotaruno, dan Musala Al-Huda.

Agenda Safari Alquran ini juga menuntut santri agar dapat berikhtiar mencapai target-target yang telah ditetukan sehingga hal ini pun dapat menjadi ajang berlomba-lomba dalam kebaikan.

Mengantri setoran hafalan kepada ustadzah. (dok.pribadi)

Selama kegiatan Safari Alquran berlangsung, para santri beristirahat malam di GOR H. Asy’ari untuk kemudian melanjutkan salat tahajjud berjamaah dini harinya. Mereka berkumpul lagi di GOR pada pukul 08.00 WIB setelah diberi waktu untuk bersih diri dan sarapan sejak bakda subuh. Setelah berkumpul, setiap kelompok berangkat menuju musala dan masjid masing-masing hingga maksimal pukul 17.00 WIB mereka baru kembali ke kompleks Ihsanul Fikri.

Kajian bakda salat Subuh. (dok.pribadi)

“Alhamdulillah kegiatan Safari Alquran ini bisa meningkatkan kualitas waktu untuk hafalan dan akunjadi bisa lebih mengenal lingkungan di sekitar Ihsanul Fikri.” komentar Rizka Wachida Arhab mengenai kegiatan ini.

Mendekat pada Alquran seharusnya menjadi kebutuhan sehari-hari kita. Karena kitalah yang memerlukan Alquran, bukan sebaliknya. Allahummarhamnaabilqur’aan.

(Zah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *