15 Akhwat Coba Padamkan Kebakaran di Hutan Mangli

Uke Rully sedang mencoba memadamkan kebakaran kecil. (foto: Panitia)

MANGLI. Unit pemadam kebakaran yang diwakili oleh Kepala Unit Pemadam Kebakaran Kab.Magelang, Heri Prawoto, dan stafnya yaitu Edy Priyanta, memberikan pelatihan tanggap kebakaran di acara Kemah Ukhuwah SMAIT Ihsanul Fikri yang berlokasi di Buper Mangli. Materi tersebut merupakan salah satu sesi dari acra Kemah Ukhuwah Putri yang diikuti kurang lebih …. yang berlangsung dari tanggl 9 hingga 13 April 2017.

 

“Tak hanya laki-laki saja, tapi perempuan juga perlu memiliki skill dan wawasan memadamkan kebakaran, ” papar Eva Musyrifah selaku ketua Panitia Kemah.

 

Heri Prawoto, menyampaikan materi yang kurang lebih sama dengan apa yang telah diberikan pada peserta kemah ukhuwah putra sebelumnya yaitu tentang cara penanggulangan kebakaran oleh api kecil dan sekaligus prakteknya.

“Saat kebakaran, kita tidak boleh panik. Kalau kebakarannya kecil, datangi dan padamkan. Kalau kebakaran besar, silakan tinggalkan tempat, tapi jangan panik, cukup jalan cepat dengan tenang, ” kata Heri Prawoto.

Damkar Kab. Magelang memberikan keterampilan memadamkan kebakaran kecil. (foto: Panitia)

Di dalam acara tesebut, tim pemadam kebakaran mempersilahkan para peserta kemah untuk mencoba memadamkan api setelah materi pemadaman api di sampaikan. Ada sekitar 15 orang mengambil tawaran tim tersebut untuk mempratekkan cara memadamkan api, salah satunya adalah Uke Rully Damareta peserta dari kelas XI IPS 4. Dia menyampaikan alasannya yaitu karena ingin menantang jiwa keberanian diri nya dalam memadamkan api walaupun baginya ini adalah pemula dan perdana.

“Alhamdulillah jadi punya tambahan ilmu mengenai cara memadamkan api. Sekarang ndak takut lagi ama api. Jika terjadi kebakaran kecil ataupun besar, tidak perlu panik, karena caranya sangat mudah kalau kita sudah tahu,” kata Uke.

 

Selama Ujian Nasional memang SMAITIF tidak pernah libur termasuk kelas X dan XI nya. Mereka wajib mengikuti Santri Masuk Desa dan Kemah Ukhuwah saat siswa kelas XII mengikuti Ujian Nasional setiap tahunnya.

 

rep: Mr. Fu & Astna Hanti

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue Reading