Akhirussanah dan Wisuda Tahfidz Horizon Generation

(05/05/2019) Akhirnya, hasil dari segala perjuangan yang tentunya diiringi doa dan banyak hal, terbayarkan. Akhirussanah dan Wisuda Tahfidz adalah puncak dari perjuangan 3 tahun SMA untuk angkatan 8 SMA IT Ihsanul Fikri, Horizon Generation. Bertempat di GOR H.Asy’ari, acara dimulai pada pukul 06.00 WIB.

Penampilan nasyid dari Imagine Vocal Play dan rebana El-Fikr mengawali serangkaian acara Akhirussanah dan Wisuda Tahfidz. Dilanjutkan dengan pemutaran video perpisahan Horizon Generation.

Pukul 7.25 WIB, pembukaan acara dipandu MC Pak Sukari dan Pak Andreas. Dilanjut tilawah Al-Qur’an. Setelahnya, para calon wisudawan dan wisudawati memasuki ruangan. Berjumlah 107 ikhwan dan 131 akhwat.

Acara selanjutnya, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars JSIT, dan Mars SMAIT Ihsanul Fikri. Kemudian opening dari Kepala Sekolah SMA IT, Dra. Nur Cahyo Hidayati, sekapur sirih dari orang tua wisudawan yang diwakili oleh Bapak Joko Winarso (Ayahanda dari Hasna Fathia XII IPS 3), sambutan ketua yayasan, dan pengawas SMA Kabupaten Magelang.

Prosesi mengharukan pengalungan bunga untuk orangtua dari para penghafal quran (dok.pribadi)

Masuklah pada acara inti pertama, yaitu prosesi Wisuda Tahfidz. Alhamdulillah, tahun ini sekolah me-wisuda hafidz-hafidzah sebanyak 56 orang. Terdiri dari 26 ikhwan dan 30 akhwat. Usai tasmi Al-Qur’an dari para wisudawan tahfidz, dilanjutkan dengan pemberian plakat dan pengalungan bunga untuk para orangtua murid sebagai simbolisasi mahkota yang kelak akan diberikan di akhirat. Diakhiri dengan doa khotmil qur’an oleh Ustadz Kasban.

Prosesi Akhirussanah (dok. pribadi)

Usai wisuda tahfidz, masuklah pada acara inti kedua, yaitu Akhirussanah. Tahun ini, ada 21 wisudawan yang diterima SNMPTN di beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia. Dilanjutkan dengan pemberian penghargaan-penghargaan. Untuk Wisudawan Terbaik Prestatif (Nilai UN) jurusan IPA diraih oleh Rosyida Isma kelas XII IPA 3, jurusan IPS diraih oleh Adilah Rosyidah dari XII IPS 3. Untuk Wisudawan Terbaik Kontributif, ikhwan diraih oleh Muhammad Fuad Al-Hazmi, dan akhwat diraih oleh Afi Tarisa Nur Azizah. Wisudawa Terbaik Qur’ani, ikhwan diraih oleh Haidar Abdillah yang sudah sertifikasi 30 juz, dan akhwat diraih oleh Abida Rifqy Zahdah yang sudah dua kali sertifikasi 30 juz.

Juga penghargaan bagi wisudawan-wisudawati yang telah sertifikasi 10 juz, ikhwan ada 3 orang: Muhammad Najmuddin Farid, Haidar Abdillah dan Muhammad Hanif F. untuk akhwat ada 9 orang: Abida Rifqy Zahidah, Adilah Robbaniyah, Hilwa Tsabita, Nabila, Kaysa Hafshah, Maryam, Rosyida Isma, Dibba Fithroh Rofidah, dan Salma Sabila.

Selesai prosesi pemberian penghargaan, dilanjutkan dengan kesan dan pesan alumni yang diwakil Bintang Iswara, kelas XII IPA 1, pemberian kenang-kenangan dari alumni, dan taujih dari Pembina Yayasan Tarbiyatul Mukmin, Ustadz H. Jamaluddin, BA.

Acara diakhiri dengan doa yang dipimpin Ustadz Hanafi Yusak, dan penutup oleh MC. Acara wisuda selesai pada pukul 12.00 WIB dengan senyuman dari para wisudawan. Barakallah! Semoga Horizon Generation senantiasa mengepakkan sayap kebermanfaatannya bagi masyarakat Indonesia dan juga dunia.

(Zah/Shua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Discover more from SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue Reading