GERHANA DI IHSANUL FIKRI

image

(Foto: Fu) Khutbah dalam Shalat Gerhana

SMAIT IFBS. Mungkid. Khawatir, salah satu perasaan yang muncul pada hari itu. Pasalnya, baru pertama kali ini, masjid Baru Ihsanul Fikri, Mujahidin, akan mencoba menampung seluruh jamaah putra putri di ihsanul fikri dalam rangka Sholat gerhana matahari. Akan tetapi, seketika terjawab, ketika sedikit demi sedikit akhwat yang datang, naik ke lantai 2 masjid tersebut. Tampak tidak ada yang duduk, berdiri atau terlantar di halaman masjid. Ternyata, muat. Alhamdulillaah terucap dalam hati.

image

(Foto:Fu) Ustadz Hanafi Menyampaikan Khutbah Shalat Gerhana Matahari

Setelah para akhwat masuk ke masjid, sholat gerhana pun dimulai. Ikhwan di lantai 1 dan akhwat di lantai 2. Tampak dan terdengar Ustadz Ahlun Najir (Nazril), sang Imam Sholat, mulai memberikan pengarahan tata cara teknis sholat gerhana. Setelah itu, sholat pun dimulai. Dibacakannya surat Qof setelah Fatihah pada rakaat pertama sebelum rukuk pertama rakaat pertama,  alhaqqoh setelah Fatihah selepas rukuk pertama ,  nuh pada rakaat kedua sebelum rukuk pertama rakaat kedua,  dan alfajr pada rakaat kedua setelah rukuk pertam rakaat kedua. Terdengar isak tangis dan haru saat surat surat tersebut dibacakan dalam shalat. Sungguh menyentuh dan damai. Hampir mirip sekali dengan suasana sholat ied’l Fitri saat lebaran.

image

(Foto: Fu) Saat doa Khutbah.

Sekitar 45 menit pun berlalu semenjak takbiratul ihram pertama. Imam mengucapkan salam tanda sholat telah selesai. Dilanjutkan Khutbah oleh Ustadz Hanafi Yusaq. Beliau menyampaikan bahwa iman dan islam yang kita miliki patutnya disyukuri. Dengan berapi api dan semangat tinggi, beliau mengguncang masjid mujahidin, sehingga para jamaah pun antusias dalam menyimaknya.

image

(Foto:Fu) Para Santriwati kembali ke asrama seusai shalat Gerhana matahari

Seperti yang diketahui bahwa pada tanggal 9 Maret 2016 ada peristiwa gerhana matahari total yang konon katanya terjadi 100 tahun sekali.

[Fu]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *