Pelantikan 60 Pramuka Garuda Menjadi Rekor Baru di SMA IT Ihsanul Fikri Magelang

Ihsanul Fikri kembali memecahkan rekor dalam bidang pramuka. Pada Jumat 12 Februari 2022 seluruh Dewan Ambalan telah dilantik menjadi Pramuka Garuda. Diketahui Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi di satuan pramuka. Pencapaian ini merupakan peningkatan yang sangat signifikan. Pada Dewan Ambalan tahun lalu Ihsanul Fikri hanya melantik 5 anggota Garuda. Apalagi di masa pandemi seperti ini akan semakin sulit, dan hal inipun patut untuk diberi apresiasi.

 “Dari penempuhan kita belajar buat ga boleh ngeluh, jalanin dulu. Kata pembina ku ‘Sesuatu yang hasilnya baik ga ditempuh sama perjuangan yang gampang.'” Ucap Khansa selaku Pradana dari Dewan Ambalan Al-Khumaira masa bakti 2021/2022. Di Ihsanul Fikri ada Dewan Ambalan Al Khumaira untuk siswa putri dan Dewan Ambalan El Khattab untuk siswa putra. Setiap satuannya ada 30 anggota.

Penempuhan ini dilakukan selama dua pekan walaupun didalamnya terdapat banyak persyaratan yang sulit. Untuk penguji dalam penempuhan Garuda didatangkan langsung dari Kwartir Cabang Magelang. Saat pelaksanaan ujian ada yang dilaksanakan secara serempak di lapangan dan ada pula yang dilaksanakan secara individu. Saat tes di lapangan setiap anggota menyiapkan tarian daerah, menyanyikan lagu daerah, dll. Hal ini lumayan menyita waktu karena dalam dua minggu persyaratan untuk mengikuti penempuhan disiapkan di sela-sela kegiatan sekolah. Tingkatan Garuda ini bukan hal yang sepele karena merupakan tingkatan tertinggi di tingkatan pramuka. “Garuda itu dimana kita punya sikap baik dan menjadi teladan, bukan cuma jabatan.” Ujar Al Kayyisa selaku Pemangku Adat Dewan Ambalan Al Khumaira.

Pelantikan dilaksanakan di lapangan rumput di area komplek SMA IT Ihsanul Fikri bersamaan dengan pelantikan Pramuka Garuda SMP dan SMK IT Ihsanul Fikri. Para penempuh ujian Garuda dilantik langsung oleh anggota dari Kwarcab Magelang. Sungguh suatu kebanggaan karena selama penempuhan bisa ditangani dan diawasi langsung oleh anggota Kwarcab. Salah satu alasan penempuhan Garuda dapat berlangsung dengan cepat adalah karena adanya pandemi Covid-19 yang mengakibatkan berkurangnya jumlah sekolah yang mengajukan penempuhan Garuda pada Kwarcab, maka dari itu SMA IT Ihsanul Fikri dapat menempuh Garuda dengan lebih cepat dan dapat diawasi langsung oleh Kwarcab. Penempuhan garuda juga dapat menjadi salah satu sarana bagi Dewan Ambalan untuk menyatukan kemistri satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *