Ukhuwah Tak Terbatas di Kemah Bakti Pramuka SIT 2019

(5-8/04/2019) Bagi santriwati SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid, menghadapi tantangan-tantangan baru adalah hal yang biasa. Semua membuktikannya dalam acara Kembara : Kemah Bakti Pramuka SIT 2019 dalam rangka menetralkan area sekolah dan asrama untuk menyukseskan berlangsungnya UNBK HORIZON Generation. Acara Kembara berlangsung dari tanggal 5-8 April 2019 di Bumi Perkemaahan (Buper) Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Peserta Kembara ini adalah santriwati kelas 10 dan 11. Tiba dilokasi acara sekitar pukul 09.00 WIB DAN dilanjutkan dengan pendirian tenda yang dibersamai oleh para panitia.

Dilanjutkan dengan pembukaan oleh Dra. Nur Cahyo Hidayati selaku pembina Gugus Depan SMA IT Ihsanul Fikri. Agenda selanjutnya adalah memasak makan siang dengan natura yang telah disediakan. Materi dari TNI Angkatan Laut lepas dzuhur tetap terselenggara dengan lancar meskipun hujan angin melanda Buper Kalibening. Setelah ashar, pemateri selanjutnya disampaikan oleh MAPALA dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hari kedua, pagi hari sebelum subuh para peserta dibangunkan untuk melakukan pencarian slayer, kegiatan pribadi, dan lari pagi. Pukul 08.00 WIB dilanjutkan dengan materi dari TNI Angkatan Darat berupa pengenalan tanda atau pangkat serta permainan yang menggugah tawa peserta hingga dzuhur dan dilanjutkan dengan Ishoma. bakda asar acara dilanjutkan dengan pemateri dari BNPB kota Magelang hingga sebelum maghrib. Malamnya para peserta mendengarkan kajian dari ustad Muhtadi.

Hari ketiga diisi dengan berbagai perlombaan dan bakti sosial hingga menjelang dzuhur. Kegiatan pribadi sampai maghrib, lanjut bakda isya, peserta melaksanakan khataman Alqur’an di masjid sekitar yang telah dibagi sebelumnya. Pukul 22.00 WIB peserta pulang dan tidur untuk kembali aktivitas esok hari.

Hari terakhir, agenda Kembara ditutup dengan bersih-bersih tenda dan lingkungan kemah. Dilanjutkan dengan long march menuju Lapangan Muntilan. Meski lelah dan wajah gosong, semua sangat gembira. Apalagi ketika truk menjemput untuk kembali ke pondok tercinta, Ihsanul Fikri.

(Zah/Shua/Niel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *